Thursday 14 November 2019

Kerajinan Kertas Bekas SDIT NURUL IHSAN


(Jum'at, 8/11/2019) Kebiasaan jajan , terutama anak-anak SD, sudah pasti akan meninggalkan bekas yang kita kenal dengan sampah. Ironisnya Indonesia adalah negara penyumbang sampah terbesar kedua di dunia , setelah Cina. Sampah  menjadi pekerjaan rumah yang harus segera mungkin dibenahi.

Berawal dari kekhawatiran tersebut, kami mengajak anak-anak SDIT Nurul Ihsan bekerja sama dengan @kerajinan_koran_kreueh mengolah sampah kertas menjadi kerajinan tangan. Untuk langkah awal kita memulai dengan menggunakan sampah kertas, tidak menutup kemungkinan ke depannya kita juga mengolah jenis lain seperti sampah plastik misalnya  menjadi kerajinan tangan.

Dibantu oleh Ibu Reika para siswa dengan tekun memperhatikan bagaimana membuat wadah kotak pensil dari kertas bekas. Bahan yang dibutuhkan adalah lilitan kertas bekas, kardus , lem kayu dan cat tembok. Semua bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan. Untuk cat tembok misalnya kita gunakan yang water based karena tidak menghasilkan bau yang nantinya bisa merusak paru-paru kita.

Rangkaian kertas lilit kita anyam di atas kardus hingga setinggi yang kita inginkan, setelah itu kita beri cat dengan pewarna yang sudah dicampur lem, tujuannya agar lebih awet dan warna yang dihasilkan lebih bagus.  Tutorial lengkapnya bisa kita lihat di link berikut https://youtu.be/bqNcnELLcOk.

Hasil kerajinan kertas bekas ini mudah-mudahan bisa membuat para siswa untuk lebih bijak lagi dalam memberdayakan sampah, memulai kreatifitas dari sampah adalah sesuatu yang sangat inspiratif.












Yayasan Nurul Fitri

Kepala Staff IT

Terimakasih Sudah Berkunjung Ke Website Kami, Untuk Segala Masukan Kami Sangat Menerima, Silahkan Hubungi IG Kami

0 komentar:

Post a Comment